tEST Coop PT.Telkom Yang EXcited

11 09 2007

🙂🙂🙂

Setiap tahun jurusan elektro universitas Andalas mendapat jatah bagi mahasiswanya utk mengikuti Coop (Cooperative academic Education) di PT.Telkom. Gak tanggung2 telkom mengadakan kesempatan coop untuk mahasiswa di seluruh Indonesia khusu universitas yg telah ditunjuk oleh PT.Telkom.

Tibalah saatnya hari itu. Aku adalah salah satu yang ikutan daftar test coop. Setelah melengkapi administrasi dan syarat2 lainnya, aku pun ikut test day, waktu itu testnya adalah test tertulis, meliputi test kemampuan bahasa Inggris dan kemampuan wawasan telekomunikasi serta test wawancara yang bikin jantung berdetak kencang soalnya itu adalah pertama kali aku ikutan test wawancara yang orang reviewernya langsung orang Public Relation kantor pusat Telkom Bandung.

🙂 Mulanya aku sih agak pesimis soalnya diantara pelamar lain akulah yang paling jelek IPK nya. IPK ku cuma 2,71 untuk yang udah duduk di semester 8. Pesaing2 ku kupastikan IPK mereka > 3,00. Wow angka yang lumayan fantastis lah jika dibandingkan dengan 2,71. Karena aku punya kelemahan di sisi itu, lalu aku cari kelebihanku untuk mengungguli teman2 pesaing lain. Dan tada…. saat mengikuti test tertulis wawasan telekomunikasi, aku libas soal2nya semua, aku yakin aku bisa ngumpulin score di sini. Berkat pengalamanku jadi asisten telekomunikasi di kampus ditambah dengan sering baca-baca apa aja (yang positif donk). Satu kelebihan darikumungkin suka baca kali soalnya koran2 bekas tempat gorengan sering tidak aku buang, aku langsung baca yang masih bisa dibaca. dan juga koran-koran yang udah kadaluarsa semua kusikat baca.

Setelah selesai menyelesaikan soal-soal wawasan telekomunikasi yang kupastikan aku dapet nilai perfect, aku pun menjalani test selanjutnya yakni test kemampuan bAHASA iNGGRIS. betapa tak terkejutnya aku setelah melihat soal-soalnya yang tidak begitu susah (Gak sombong sih :D). Berkat ikut les bahasa inggris selama 6 tahun ditambah pengalaman jadi english lecturer for kids saat SMU (sekarang jadi SMA) aku pun melibas soal-soal yang asiik dikerjakan itu. YESS, kataku dalam hati saat tem2n-teman lain yang kulihat wajahnya berkerut-kerut kayak kakek-kakek >:D< He…he. Aku kumpul deh jawaban ku. aku yakinkan diriku aku bisa dapat score nyaris 100% di test ini.

Tibalah saanya test wawancara, beruntung sekali diri ini mendapat giliran test wawancara pertama sekali dengan nomor urut 1. Kenapa? soalnya nervousnya gak lama.

Pertanyaa-pertanyaan reviewer yang aku tau asli orang public relation telkom bandung itu pun meluncurkan pertanyaan-pertanyaan tajam yang juga aku sikat dengan jawaban-jawaban aku yang penuh dengan improvisasi. Padahal yang mereka tanyakan tidak ada hubungan dengan program studi kuliah ku lho. Mereka sih ingin lihat kepribadian saja. Wah jawaban-jawabanku kebanyakan hasil improvisasi dan terkadang membahas jauh kemana-mana. Terkadang yang jadi jawabanku malah menjadi pertanyaan bagi mereka:D

**************

 

Setelah lewat dua minggu, pengumuman hasil pun keluar. Creennng… Namaku terdaftar lulus test coop. heeeee…ee.

Beberapa hari setelah itu aku iseng lihat situsnya telkom, dan di situs mereka tertulis bahwa alokasi penilaian masing-masing adalah:

– IPK = 20&

– Test tertulis (wawasan telekomunikasi dan bhs inggris) = 30%

– Test wawancara = 50%

 


Actions

Information

24 responses

6 11 2007
elyana

wah asyikbanget tuh bisa lulus tes, kayaknya ga ada halangan yang berat ya. Aku baru aja pulang dari tes wawancara nih, aduh…kesel banget, kenapa jawaban yang keluar dari mulutku singkat abis. Aku sendiri ga puas dengan jawabanku tadi. Gimana dong kalo ditanya apa kelebihan kita? Jujur aja, kayaknya ga ada deh, selain seabrek kekurangan huaaaa…

7 11 2007
ardiansyahputra

Jangan terlalu singkat mbak. Mainkan donk improvisasinya. Kalo ditanya mengenai kelebihan diri, jangan bimbang keluarkan aja lagi. kalo bisa kelebihan itu berhubungan dengan t4 kita melamar kerja. Misalnya kelebihan mbak itu orangnya kreatif. Nah kreatif itu dimana2 perusahaan cari tuh. Kalo ditanya ttg kekurangan, sebut kekurangan mbak yang mengarahnya ke positif, misalnya kekurangan mbak adalah waktu sering terbuang pada satu hal pekerjaan saat mengerjakan sesuatu karena kamu orangnya perfeksionis. Nah itu kekurangan yang positif. Good luck yhooo…………..

3 04 2008
Nanta

Wah memberi pencerahan mas, terima kasih

19 04 2008
zymanq

lulus ga?

22 04 2008
ardiansyahputra

alhamdulillah saya sih lulus! ,mas zymanq gimana?

2 10 2008
pamz

mas bantuan aku dong, disitukan adanya analisis SWOT Speedy, kalo PT. TELKOM nya ada ga… ada tugas kul nie..makasi y…

6 10 2008
ardiansyahputra

@Pamz
Kalo Telkom Blom ada Mas. Kalo mau buat analisis SWOT tidaklah mudah yg dibayangkan. Mas Harus cari sumber terpercaya, literatur, pengalaman lapangan di Telkom, Kalo dah punya knowledge yg mantap baru deh buat analisis SWOT nya…😀

6 10 2008
pamz

I am a girl…

10 10 2008
ardiansyahputra

@Pamz
Oh ya Mbak, sorri kirain Mas-mas tadi😀

19 02 2009
hasan

k sy ada pengmman pndftran coop PT TELKOM tp blm mju aq da pesimis krn IPK ku cma 2,74 n skrng smsester 8. sms dgn kakak, tp ssudah aq bca pnglaman kk aq akan dftr deh scptnya mhon dkungannya n doanya.thanks

5 03 2009
johan

jangan sombong

27 03 2009
LayLong

co-op nya itu ngapain ya bang??
penasaran ntr disana itu ngapain aja

30 03 2009
ardiansyahputra

@Johan
tak bermaksud sombonmg, sekedar bagi2 penglaman sekaligus kasih motivasi yg mo ikutan coop./

@Laylong
ntar dikasih training agak 1 mingguan, dahtu langsung handle pekerjaan sendiri. contohnya dapet penempatan di pemasaran, maka kerjaannya ya memasarkan produk2 telkom/telkomsel.

7 04 2009
jones parapat

trus, stelah maganf Mas di recruit gak? teman2 Mas??

29 04 2009
pOer_

wuih..selamet yah yang udah masuk seleksi coop telkom.
kalo aq masih deg degan neh nugguin hasil pengumumannya,waktu tes maren sih aq lumayan optimis, 70 % lah..tp ga tau juga yah,, mudah2an lulus yah..amien.

ceritain pengalaman waktu magangnya dung??

3 05 2009
Arif Firmansyah

Wah sangat membantu tulisannya…
Semoga besok bisa menghadapi tes dengan lancar dan sukses.

4 05 2009
alaydoank

mas, kan pilihan coop itu ada 3, bagian industri, IT, dan Telco…
nah misalnya… kita daftar di Telco.. apakah nantinya bs ditempatin di Industri atau di IT nya??

12 05 2009
p0er

Hei..mampir lagi neh, ad yg m0 d tanyain dkit,

Mas kan udah lulus tes di telkom neh, trz mas blg kalo pengumuman hasilnya kluar stelah 2 minggu sejak tes,
Tp ud 2 minggu lebih sejak aku tes hasil seleksinya coop telkom 2009 k0q blum klwr jg ya?

Pengumuman hasil seleksinya itu di rapel 1 ind0nesia atau per universitas ya?
Dtgu jawabannya,
Thnx

13 05 2009
p0er

Ardiansyahputra, lam kenal..
Mampir lg neh,hehe

Mo nanya dkit,
Waktu kmaren lulus telkom 2008 pengumumannya itu brp lama dr wktu tes seleksi?
Truz pengumumannya itu di gabung 1 ind0nesia atau 1 universitas aja?

Aku udah 2 mingguan lebih ni pengumuman tes telkom 2009 ga kluar2,

Dtggu jawabannya,
Thanx

22 05 2009
wibisono

salam kenal .. ku juga ikut tes coop telkom… ni lagi nunggu pengumumannya.. doakan biar di terima ya…

pengalamanku ikut tes magang… http://wibisono.blog.uns.ac.id/?p=366&cpage=1#comment-112

21 06 2009
binta

wah… lulus coop taun 2008 ya kak?penempatannya di telkom?
alhamdulillah aku juga lulus, tapi di tempatkannya di CRM telkomsel. waktu magang gimana kak?ada pengalaman2 seru gak. gmn dengan pembuatan laporan setelah selesai magang???bisa saya minta contohnya?
trimakasih kak..

23 06 2009
ardiansyahputra

@binta
Boleh..
konfirmasi dulu k email saya ya.
Nb: coop kmrn ikut taon 2007

24 08 2009
prima

Salam kenal…
aq sekarang juga lagi ikutan magang co-op 2009 di semarang.
penempatanku di Uner divre IV, lagi bingung juga nih.. sama laporan tertulisnya?! abis kerjaanku disini gak banyak…
mau juga dong contoh laporan tertulis punya kakak, he..he..
makasih banyak sebelumnya.

27 08 2009
itamanisekali

Assalamualaikum,
mas ardi, waktu presentasi laporan akhir ngambil tema ttg apa??terus ditanyain apa aja,mas??
.
aq jg lagi co-op untuk periode 2009 di divre IV di bagian PBP.nah, bagian q itu kata na ntar lagi mw diilangin karena tahun ini Telkom ada reorganisasi.masih bingung mw bikin laporan akhir nya kaya apa.bisa liat contoh laporan mas ardi g??
makasih banyak,mas, sebelumna🙂
.
ada account YM/Gtalk g,mas??

Leave a Reply

