Orang Teknik Versus Orang Marketing

24 09 2007

Katanya Orang Teknik cenderung disiplin, taat pada peraturan, dan beraffiliasi sebagai pekerja? Benarkah?. Sebaliknya orang marketing diarahkan kepada kreativitas berpikir, memunculkan ide-ide cemerlang dan komunikatif. Tampaknya hal ini bisa diiyakan.

Munculnya perusahaan-perusahaan besar ke permukaan tidak terlepas dari tangan-tangan kreatif para marketer yang melemparkan strategi pasarnya sehingga menjadi market leader. Lihat saja seperti produk rokok Sampoerna yakni A-mild dan Dji sam soe mampu mendongkrak dan merajai pasar dan mengalahkan rokok gudang garam yang statusnya incumbent. Lihat juga strategi perusahaan-perusahaan telekomunikasi yang sangat kompetitif sekarang ini, iklan-iklan begitu gencar dilempar ke publik.

Sekarang kita balik ke tEknik. Orang teknik memang identik dengan kedisiplinan, sangat pandai menganalisa masalah, dan terdoktrin dengan angka-angka. Sebaliknya orang marketing cenderung dinamis.

Uniknya saat saya survey teman-teman teknik elektro universitas andalas Padang dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang menyangkut kreativitas dan pola pikir kreatif, saya dapatkan semua responden terpaku kepada aturan-aturan, angka-angka, hanya berpikir di dalam kotak (think inthe box) dan tidak memunculkan ide-ide baru terhadap penyelesaian masalah. Mungkin salah satu yang menjadikan teknik universitas andalas terkengkang pada aturan adalah ospek yang pendoktrinannya kearah senioritas yang cenderung mengarah negatif. Nah kalo kamu mau diuji juga kreativitasnya, jawab pertanyaan-pertanyaan pada artikel blog saya yang berjudul ” SEBERAPA KREATIVE KAH ANDA?” yang diambil dari buku megakreativitas oleh Andrei G, Ph.D .

Saya pikir alangkah sempurnanya jika orang teknik mempelajari ekonomi khususnya marketing dan manajemen yang ilmunya sangat dinamis. Apalagi saat ini perusahaan-perusahaan sedang gencar-grncarnya mencari orang-0rang yang kreatif yang  penuh dengan ide-ide yang cemerlang

Orang Marketing

1. Dinamis

2. Diarahkan kepada kreativitas yang tinggi

3. Analisa baik

4. Kreatif

5. Komunikatif

Orang Teknik

1. Cenderung statis

2. Think in the box

3. Terdoktrin akan angka-angka, eksakta, dan real


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: