Kreativitas

26 09 2007

:-)Kreativitas memang tidak ada batasnya. Hal ini seharusnya menjadi jiwa pemasar di Indonesia. Tampaknya marketers di Indonesia hanya terjebak pada pola pemikiran me-too (saling tiru) yang akhirnya terjebak pada perang harga.

Adapun 4 kriteria yang digunakan untuk menilai para marketers adalah:

1.     Originalitas

2.    Unik

3.     Penuh terobosan

4.    Menjadi bahan pembicaraan

Originalitas : menghasilkan ide-ide strategi dan program pemasaran yang belum pernah diterapkan sebelumnya sehingga dapat berbeda dari pesaing lainnya.

Unik: program tersebut memberikan nilai yang berbeda bagi pelanggan sehingga memiliki alas an kuat untuk mempengaruhi pelanggan

Penuh terobosan (breakthrough): ide-ide baru yang original tersebut telah berhasil mengubah pola persaingan yang biasanya digunakan oleh pemain-pemain di sebuah industry.

Talk of the town (bahan pembicaraan): menunjukkan bagaimana ide-ide yang dihasilkan mendapat apresiasi yang bagus dari pelanggan yang dibuktikan dengan tingkat ketertarikan masyarakat untuk membicarakannya.

Salah satu contoh ide kreatif marketer seperti ini:

Produsen kondom fiesta dengan berbagai rasa menjual produknya dalm kotak kemasan minuman. Jadi kalau fiesta rasa pisang maka pembeli harus menghabiskan minuman rasa pisang. Setelah habis, barulah mengambil kondom di dalam kotak itu. Jangan heran deh kalau suatu saat fiesta mengeluarkan orange juice, banana juice, mango juice yang memiliki double function.Hee….(Sumber: majalah mix/creative marketers/20juli-15agus07/Kreativitas tanpa batas/improvisasi seperlunya)


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: