Troubleshooting Akses Speedy (Part2)

26 10 2007

Troubleshooting Part2 sengaja saya buat dan saya post khusus gangguan pada web browser dan gangguan yang sering terjadi pada email.

1. Gangguan pada Web Browser

– Jika web browser (internet explorer) menampilkan pesan work offline. Pada intenet explorer pilih file – work offline. Hilangkan tanda (√) pada work offline. Lalu pilih Tools – Internet Option – Connection – Never Dial a Connection.

– Gunakan web browser lain seperti Mozilla Firefox atau opera jika internet explorer belum juga bekerja dengan baik.

– Untuk komputer dengan firewall, apakah aplikasi browser tersebut diijinkan untuk melakukan koneksi keluar atau tidak karena firewall dapat menyebabkan aplikasi browser tidak berfungsi dengan baik. Jika melakukan tes dengan browser pastikan firewall tersebut tidak memblok browser. disable sementara firewall tersebut.

2. Gangguan pada E-mail

a. Tidak dapat menerima atau mengirim email ( cannot retrieve or   send email )

            Jika email tidak dapat menjalankan fungsinya yakni mengirim dan menerima e-mail, nih gue kasih penjelasan mudah2an aja bisa membantu.

    Email sebagai salah satu fasilitas internet yang vital dan paling banyak dipergunakan merupakan layanan paling banyak diserang oleh virus, pembajakan, trojan, dan berbagai usaha pengrusakan lainnya. Service email di windows menggunakan default port 25 yang dipergunakan untuk  outgoing email ( smtp server ) dan default port 110 yang dipergunakan untuk incoming email ( pop server ). Melalui port – port ini juga kadang-kadang berbagai macam serangan muncul. Biasanya untuk menangkis serangan-serangan tersebut, pelanggan menginstall aplikasi firewall seperti Norton Internet Protection, Zone Alarm Pro, atau berbagai macam proteksi antivirus dan antispam, seperti Norton Antispam, Norton System Works, Mcafee Antivirus, Norton Antivirus, dan lain-lain. Namun, akhir-akhir ini, sesuai dengan pengalaman penulis, sebagian besar kasus terjadi akibat serangan tersebut menyerang aplikasi firewall secara terus menerus. Jika serangan itu tidak berhasil menembus langsung firewall yang ada, virus tetap dapat merusak firewall dan membuatnya tidak berfungsi. Firewall yang bertugas menjaga port-port yang berhubungan dengan dunia luar, telah menjadi sumber error dari berbagai macam koneksi keluar yang menggunakan port – port tersebut. Indikasi dari adanya kerusakan firewall yaitu tidak berfungsinya peraturan-peraturan keamanan yang telah diterapkan oleh firewall tersebut. Bahkan jika kerusakan firewall tersebut sudah parah, dan walaupun firewall telah dimatikan, tetap saja port-port yang seharusnya terbuka tanpa penjagaan ke dunia luar, tidak dapat dipergunakan oleh windows.

Solusi

melakukan uninstall terhadap software firewall tersebut.

    Ketidak sesuaian fungsi firewall melalui peraturan-peraturan diterapkan tidak selalu terjadi akibat rusaknya aplikasi firewall. Kadang-kadang hal itu juga dapat disebabkan oleh adanya incompatibility terhadap firewall lain yang aktif. Hal ini terjadi pada firewall Service Pack 2 Windows XP dengan Norton Internet Security (NIS) 20060. Dengan adanya 2 firewall tersebut yang aktif, yang memantau koneksi port-port keluar yang sama, menyebabkan salah satunya bahkan kedua-duanya tidak berfungsi dengan baik. Hal ini dapat mengakibatkan SP2 yang akan crashed, atau NIS 2005 yang akan mengalami crashed. Program yang crashed biasanya tidak dapat dijalankan oleh windows walaupun dalam status awal program tersebut dinyatakan aktif. Maka ketika dijalankan NIS 2005 akan tampil pesan error windows yang menyatakan terjadinya error.

Solusi :

Firewall mudah diserang dapat disebabkan oleh firewall itu sendiri yang status lisensinya illegal, ataupun status legal namun kondisinya out of date. Maka firewall sangat perlu di-update secara berkala.

Untuk permasalahan crashed dengan firewall windows xp SP2, solusi yang terbaik adalah dengan mengaktifkan salah satu saja aplikasi firewall yang ada. Jika yang diaktifkan firewall seperti NIS 2005, maka sebaiknya firewall SP2 dinonaktifkan. Yang terbaik diantara firewall-firewall yang ada yaitu sebaiknya yang selalu dapat melakukan update ke server dari perusahaan masing-masing. Dengan software yang up-to-date diharapkan akan mendapatkan keamanan yang up-to-date juga.

b. Stuck email

Stuck email merupakan suatu permasalahan ketika melakukan penerimaan email melalui aplikasi email yang berlangsung sangat lama dari biasanya. Sehingga proses yang berjalan menggantung dan tidak  selesai walaupun dalam jangka waktu yang lama. Biasanya hal ini terjadi ketika satu email tertentu yang mengandung virus atau spam email. Kadang-kadang email yang berkapasitas besar juga dapat mengalami hal tersebut.

Solusi :

Permasalahan dari email yang stuck ini dapat diselesaikan dengan  bantuan dari suatu aplikasi yang dinamakan Email Remover. Dengan aplikasi yang licensed free ini, kita dapat mengakses POP server milik email pelanggan, melihat judul dan atribut lainnya seperti besar mail, attachment, dan waktu penerimaan, kemudian menghapus email-email yang tidak diinginkan dan email yang menyebabkan terjadinya stuck. Maka penyebab terjadinya stuck dapat diselesaikan dan pelanggan dapat menerima email-email lainnya. Untuk email yang berkapasitas besar, jika terjadi stuck maka solusi yang terbaik yaitu melakukan restart, kemudian mencoba menerima email kembali. Permasalahan ini jika diperhatikan, cukup wajar bagi email-email berkapasitas sangat besar. Sebab koneksi yang memiliki kecepatan dan bandwith yang rendah, akan menyebabkan lambatnya penerimaan  ( retrieval ) email-email berkapasitas besar.

                    

                     Satu hal yang perlu diperhatikan dalam konfigurasi email,yaitu server SMTP. Server SMTP yang merupakan server email yang berfungsi untuk mengirim email ini, biasanya hanya perusahaan yang memiliki server itu yang dapat menggunakannya. Hal ini berarti jika kita tidak memiliki account pada perusahaan tersebut, maka kita tidak dapat mengakses dan menggunakannya. Contoh perusahaan yang memilki server yakni Telkom Speedy sendiri.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: