Perbandingan layanan provider telekomunikasi: Flexi, Telkomsel, Xl dan Indosat

8 02 2008

Perbandingan layanan provider telekomunikasi: Flexi, Telkomsel, Xl dan Indosat🙂

gamabar.jpg

1. Flexi
Costumer center Flexi biasanya satu ruangan dengan plasa Telkom, di situ bukan aja t4 pelayanan Flexi tapi juga t4 pembayaran billing telepon, speedy dan lain sebagainya yang merupakan produk Telkom. Aku pun bertandang ke counternya di Padang Baru, Kota Padang. Saat Aku memasuki ruangan center ini wow lumayan gede sih, kayaknya bisa main bola di dalam. Ruangannya lumayan luas sehingga costumer bisa leluasa memilih kursi tunggu yang cukup banyak disediakan. Sebelum masuk ruangan, costumer akan dihadapkan dengan satu orang karawan berbaju biru-biru agak gelap, Aku rasa dia itu setingkat dengan satpam. Sayangnya orang yang berbaju biru itu kurang senyum banget. Malah cenderung menaruh rasa was-was kepada pengunjung.
Plasa yang berada di Padang Baru ini juga terdapat mesin nomor antrian dan cewe2 cantik yang siap melayani costumer yang sedang duduk manis di stand. Wah, Katanya rata – rata pengunjung padat setiap hari. Kebanyakan mau bayar tagihan telepon. Di center ini juga ada lemari – lemari kaca yang berisikan voucher isi ulang Flexi dan embel-embel produk Telkom lainnya yang membuat ruangan center Telkom ini semakin rame. Akhirnya Aku dihadapkan dengan Costumer Care Representative (CCR), Saat costumer menghampiri CCR, senyum apadanya meluncur dari CCR itu. Lumayan ramah lah tapi tidak terlalu costumer oriented. Yah mungkin namanya BUMN, kayak gini kali pelayanannya ya.

2. Telkomsel
Ruangan Costumer Center ini lumayan nyaman kalo Aku bandingkan dengan plasa Telkom. Ada Doorman yang selalu mengembangkan senyum dan membukakan pintu saat costumer ingin masuk. Telkomsel yang juga beralamat di padang baru ini terdapat mesin antrian tiket, Televisi dan yang asyiknya tempat duduk untuk antriannya sangat nyaman dan banyak. Wah ada korannya juga, Kalo gak salah ada 4 jenis Koran yang berbeda di sana. Kupikir costumer gak akan bosan untuk menunggu antrian dipanggil. Pas lagi asik baca Koran Nomor antrianku pun dipanggil, bergegas aku menuju CCR yang sedang senyum-senyum dipojok ruangan. Aku mendapat pelayanan di counter 4 paling sudut dari 6 counter yang ada. Saat Aku sudah berada satu setengah langkah di hadapan cewek cantik itu, tiba-tiba CCR itu berdiri menyambutku dan mempersilahkan aku untuk duduk. Wow, kesan yang sangat baik untuk Telkomsel, menurutku. Aku pun menceritakan bahwa kartuku hilang sehingga aku harus mengurus kartu baru dengan nomor yang sama. Ternyata layanan seperti ini gratis tanpa pungutan biaya. Aku kira bayar setelah teman2ku ngomong kalo ngurus kartu simcard baru itu bayar Rp.20.000. Satu poin plus lagi buat Telkomsel. Ohya di sini juga disediakan minuman lho tapi aku sangat kecewa saat wadah berisi minuman dan deretan gelas-gelas eksklusif itu hanya diperuntukkan bagi tamu khusus telkomsel.

3. Xl
Kali ini Aku masuk ke costumer center XL yang beralamat di jalan Ahmad Yani, Padang karena nemenin teman tuk isi pulsanya. Didepan pintu seperti provider lainnya kami disambut dengan hangat oleh doorman, akan tetapi kali ini Aku membukakan pintu sendiri karena saat itu doormannya lagi sibuk kali ya soalnya dia juga ngerangkap ngatur parkir pengunjung. Setelah ambil nomor antrian, kami masuk ke ruangan tunggu. Aku dan temanku gak kebagian tempat duduk terpaksa kami berdiri menunggu t4 duduk yang kosong sambil nonton TV. Ruangannya sih lumayan sempit lah dan kursinya juga relatif sedikit. Akhirnya kami kebagian tempat duduk juga. Aku cari-cari Koran tapi gak nemu, mungkin sudah sore jadi korannya udah melayang kemana-mana. Seharusnya ada donk t4 korannya. Di sampingku juga ada telepon yang sengaja disediakan bagi pengunjung secara Cuma-Cuma, asik juga kalo bisa nelpon interlokal apalagi ke luar negeri. Tapi setelah kuperhatikan lama-lama, disebelah ruangan tunggu kami ada ruangan tunggu lagi tapi t4nya tidak strategis dan tidak menggoda costumer untuk duduk di sana. Juga panggilan antrian gak kedengaran dari ruangan itu, soalnya ada sekat tembok yang membatasi, gak jelas juga sih apakah speaker ke ruangan itu lagi mati, dimatikan atau memang gak ada karena gak ada pengunjung yang duduk di situ, Lagi pula 4 counter CCR yang ada berada di ruangan pertama t4 aku berdiri tadi. udah aku test lho duduk di sana, Dan di ruangan ini pula Aku lihat ada touchscreen yang menjelaskan seluruh layanan XL. Tempat touchscreen ini sangat tidak srategis, Aku aja males mendatanginya walau aku penasaran mengoperasikannya karena letak yang berada diruangan sepi pengunjung tadi juga tidak berada di perlintasan pengunjung yang lewat.
Kita kembali ke Ruang tunggu t4 aku berdiri tadi. Tibalah giliran antrian temanku yang disebut. Aku ikut dan Kami disambut lumayan baik. Udah selesai kami pun keluar. Kami ingat CCR tadi gak ngasih undian kayak yang orang lain terima. Kami pun bertanya ke CCR itu lagi dan ternyata iya lupa memberikannya. Hee.. mungkin udah sore kali, pengennya buru-buru pulang jadi kelupaan satu layanan tadi.

4. Indosat
Indosat punya gedung yang letaknya lumayan strategis juga di jalan utama kota Padang (Jl.Khatib sulaiman). Sayangnya Aku tidak sempat terlalu concern memperhatikan ruangan counter Indosat. Untung saja Aku bisa gali info dari teman yang sudah Kerja Praktek (Magang) di sana. Luas ruangannya hampir imbang dengan gerai/counter Telkomsel di padang Baru. Ada 4 counter yang masing2 sedang dijaga ama cewek CCR yang lumayan costumer oriented. Tidak ada fasilitas telepon seperti yang dimiliki gerai XL. Uniknya Indosat punya hari costumer yang jatuh pada bulan September tapi kata temanku lupa tanggalnya berapa. Nah pada hari itu kalo ada costumer yang bertandang ke gerai Indosat aka nada layanan ekstra, pas September tahun 2007 lalu, costumer dapet minuman kaleng dan sepotong martabak.


Actions

Information

2 responses

6 12 2009
cpu

Seharusnya topic atau title diberi tambahan untuk kota mana,
karena setelah baca ternyata di sekitar padang.

Intinya, daftar tabel anda tidak mewakili topic anda, yang sepertinya
mencakup semua daerah di indonesia.

peace rgds/cpu

4 04 2010
pmreload

responsif!

Leave a Reply

